Inovasi Tiada Henti

Tel: (021) 7560 729, Email: sekr-pta@bppt.go.id

Tim Technopark Bantaeng PTA Berdayakan 25 KUB - PP

Kepala Bappeda, Dr. H Syamsu Alam, selaku Ketua Tim Pembangunan Technopark Bantaeng, didampingi Kepala DPK. Ir Muh. Dimiati Nongpa. M.Pi, Sekretaris Distanak, Ir. Budi dan Tim PTA - BPPT, Ir M. Jusuf Djafar hadiri Diseminasi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan dan Pangan Lokal Technopark Bantaeng.

 

Bantaeng, 20 Oktober 2016

Dalam rangka meningkatkan kemampuan teknis pengolahan dan penganekaragaman produk,  Tim Pusat Teknologi Agroindustri (PTA) – BPPT,  Program Pengembangan Kawasan Technopark Bantaeng bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan, Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3), dan Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng menyelenggarakan kegiatan pelatihan / demo produk olahan yang ditujukan kepada sekitar 25 orang yang terdiri pelaku usaha pemula, kelompok usaha bersama pengolah dan pemasar (KUB PP), dan kelompok wanita tani (KWT) khususnya bidang usaha olahan hasil perikanan dan olahan pangan berbahan baku lokal.

 

Kegiatan yang mengusung tema “Diseminasi Inovasi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan dan Pangan Lokal” ini bertempat di Kawasan Sentra Pengolahan Jl. A. Manapiang Bantaeng. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan yaitu ceramah / diskusi dan praktek demo produk olahan pangan hasil perikanan dan pangan olahan berbahan baku lokal seperti tepung ganyong, talas dan jagung.

 

 

Koordinator kegiatan Penerapan Inovasi Teknologi Pasca Panen, Program Pengembangan Kawasan Technopark Bantaeng, M. Jusuf Djafar, mengungkapkan kegiatan pelatihan sehari ini merupakan wujud dari salah satu target kegiatan yang ingin dicapai pada tahun 2016 ini yakni meningkatkan pemanfaatan teknologi pengolahan hasil dan meningkatnya keragaman produk olahan. Melalui kegiatan pelatihan sehari ini, saya berharap akan dapat menciptakan peluang usaha baru bagi calon-calon pengusaha pemula berbasis teknologi (PPBT) dan menghasilkan produk olahan inovatif yang bisa menjadi “icon” produk olahan Bantaeng, lanjutnya.

Kegiatan Penerapan Inovasi Teknologi Pasca Panen merupakan salah satu kegiatan Program Pengembangan Kawasan Technopark Bantaeng yang dilakukan oleh BPPT mulai tahun 2015 di Bantaeng. Beberapa kegiatan lain yang telah dilakukan antara lain pendampingan teknologi produksi  dan mutu produk  kepada 5 KUB pengolahan ikan dan rumput laut sebagai calon PPBT, peningkatan keterampilan dan pengetahuan diversifikasi produk olahan hasil perikanan kepada 22 KUB, pengembangan 5 produk olahan pangan hasil prikanan inovatif, peningkatan kualitas kemasan 5 produk olahan pangan hasil perikanan dan rumput laut, dan sertifikasi analisa nutrisi bagi 4 produk olahan.

 

Pelatihan dan demo produk olahan hasil perikanan dan pangan lokal ini akan dipandu oleh staf perekayasa Pusat Teknologi Agroindustri – BPPT yang mempunyai kompetensi di bidang pengolahan hasil perikanan yaitu Ida Royanti, dan Renny Primasari G.P, serta Ade Saefuddin di bidang pengolahan pangan. (MJD)

 

 

Statistik Pengunjung

7.png4.png0.png0.png5.png
Today87
Yesterday98
This week776
This month879

Kontak Kami

Alamat :

Jalan Raya Puspiptek, Gedung 610, LAPTIAB BPPT, Kawasan Perkantoran Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, 15314  

Telepon

 : 021 7560 729; 7406

E-Mail

 : sekr-pta@bppt.go.id

 

E-Mail Pengaduan

 : wahju.eko@bppt.go.id

   FACEBOOK PTA    TWITTER PTA    INSTAGRAM PTA  YOUTUBE PTA