• (021) 7560 729
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kegiatan Sosisalisasi Purula Kepada Calon Pengantin di Kulon Progo, DIY

Kepala PTA – OR PPT BRIN, Ir. Arief Arianto, M.Sc. Agr memberikan penjelasan mengenai pemakaian PURULA

Pada hari Senin, tanggal 4 Oktober 2021 bertempat di Kantor Desa Hargorejo, Kecamatan Kokep, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL (BRIN) bersama BKKBN dan KANTOR STAF PRESIDEN (KSP) telah diadakan Kegiatan sosialisasi produk inovasi teknologi PURULA kepada masyarakat, khususnya calon pengantin.

Seperti diketahui BRIN melalui unit kerja PUSAT TEKNOLOGI AGROINDUSTRI (PTA) - OR PPT, telah berhasil mengembangkan produk pangan fungsional untuk membantu mengatasi anemia zat besi yang diberi nama PURULA. PURULA merupakan makanan fungsional berupa abon tabur (rice seasoning) yang dapat membantu mencegah anemia pada remaja putri. PURULA terdiri atas dua komponen utama, yakni: peptida unggul dari hidrolisat kedelai dan rumput laut yang kaya akan mineral. Dengan demikian, konsumsi PURULA diharapkan mampu membantu penyerapan zat besi sehingga mencegah terjadinya anemia terutama pada remaja putri.

Untuk mengenalkan PURULA kepada remaja putri maka dilakukan kegiatan sosialisasi konsumsi PURULA bekerjasama dengan BKKBN dan KSP.  Kegiatan sosialisasi dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan BKKBN dengan peserta para calon pengantin. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Workshop “Strategi Pencegahan Stunting Dari Hulu Dengan Screening, Edukasi Kesehatan Reproduksi Dan Gizi Serta Pendampingan Bagi Calon Pengantin”.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan 5040 sachet PURULA dari BRIN ke Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi DIY. PURULA akan dibagikan kepada calon pengantin yang mendaftarkan diri ke Kantor KUA dan calon pengantin puterinya. Program ini akan dipantau melalui aplikasi Elektronik Siap Menikah dan Hamil (ELSIMIL) yang saat ini dikembangkan BKKBN.

Kepala PTA – OR PPT BRIN, Ir. Arief Arianto, M.Sc. Agr dalam sambutannya, menyampaikan terimakasih atas kerjasama kegiatan yang dilakukan antara BKKBN dengan BRIN, serta berharap agar kerjasama terus dilanjutkan dan produk inovasi yang dihasilkan periset BRIN dapat bermanfaat dalam upaya mendukung program pemerintah menghasilkan generasi muda Indonesia yang sehat dan cerdas, yaitu melalui penurunan angka kejadian stunting dari 27% pada tahun 2019 menjadi 14% pada tahun 2024.

Serah terima 5040 sachet PURULA dari BRIN kepada BKKBN, untuk mendukung pencegahan dini stunting di Kabupaten Kulon Progo disaksikan Wakil Bupati Kulon Progo, Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN dan Tenaga Ahli Utama KSP-RI

Hubungi Kami
Gedung 610, LAPTIAB BPPT
Jalan Raya Puspiptek, Kawasan Perkantoran Puspiptek Serpong
Tangerang Selatan, Provinsi Banten, 15314
(021) 7560 729
(021) 7560 444
sekr-pta@bppt.go.id
pta.bppt.go.id

Email Pengaduan : sekr-pta@bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Teknologi Agroindustri - BPPT