• (021) 7560 729
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Strategi Pencegahan Stunting Dari Hulu Dengan Screening, Edukasi Kesehatan, Reproduksi dan Gizi serta Pendampingan Bagi Calon Pengantin di Kota Kupang

Pada hari Selasa, 28 September 2021, berlokasi di Kota Kupang, Propinsi Nusa Tenggara Timur, tim Pusat Teknologi Agroindustri- OR PPT Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), bekerjasama dengan Kantor Staf Kepresidenan RI dan Tim BKKBN Pusat dan Pemerintah Kota Kupang melaksanakan acara “Strategi Pencegahan Stunting Dari Hulu Dengan Screening, Edukasi Kesehatan, Reproduksi dan Gizi serta Pendampingan Bagi Calon Pengantin”.

Dalam acara tersebut Dr. Brian Sri Prahastuti , Tenaga Ahli Utama KSP-RI, dr. Victor Palimbong , Direktur Bina Bina Ketahanan Remaja BKKBN, Dr. Noer Laily , Kepala Program Stunting - Pusat Teknologi Agroindustri OR PPT-BRIN memperkenalkan Aplikasi Elektronik Siap Menikah dan Hamil (Elsimil) yang berfungsi sebagai alat skrining guna mendeteksi faktor resiko pada calon pengantin dan memastikan bahwa calon pengantin berada dalam kondisi ideal untuk menikah dan hamil.

Selain itu, diperkenalkan pula “PURULA” yang merupakan hasil riset dan inovasi Pusat Teknologi Agroindustri OR PPT-BRIN l. “PURULA” adalah makanan tambahan bergizi kaya nutrisi yang cara pemakaiannya ditaburkan pada makanan utama calon pengantin.

“PURULA” berfungsi mempercepat penyerapan nutrisi terutama zat besi dan diberikan sebagai upaya mencegah terjadinya anemia dan stunting pada bayi yang akan dilahirkan.

“PURULA” merupakan karya anak bangsa yang dibuat sepenuhnya dengan bahan baku dalam negeri , seperti hidrolisat kedelai, ekstrak rumput laut dan beberapa bahan lain.

Seperti diketahui angka kejadian stunting nasional saat ini masih cukup tinggi, yaitu berkisar di angka 27 persen dan pemerintah RI sedang berupaya menurunkan menjadi 14 persen pada tahun 2024.

Semoga melalui sosialisasi ini, produk inovasi yang dihasilkan oleh Pusat Teknologi Agroindustri OR-PPT BRIN, dapat menjadi solusi pemecahan permasalahan stunting nasional.


Hubungi Kami
Gedung 610, LAPTIAB BPPT
Jalan Raya Puspiptek, Kawasan Perkantoran Puspiptek Serpong
Tangerang Selatan, Provinsi Banten, 15314
(021) 7560 729
(021) 7560 444
sekr-pta@bppt.go.id
pta.bppt.go.id

Email Pengaduan : sekr-pta@bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Pusat Teknologi Agroindustri - BPPT